KENTONGAN PURWOJATI MENDAPAT APRESIASI YANG MERIAH DARI PENONTON

KENTONGAN PURWOJATI MENDAPAT APRESIASI YANG MERIAH DARI PENONTON

PURWOJATI - Festival kentongan yang diselenggarakan pada Jumat malam 24 Februari 2023 berlangsung sangat meriah, ribuan penonton memadati jalan sepanjang Alun-Alun Purwokerto sampai ke Simpang Srimaya. sebanyak 31 grup kentongan ikut meramaikan acara dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke-452. 31 grup tersebut terdiri dari 27 grup dari kecamatan dan 4 grup eksibisi, Kecamatan Purwojati mendapatkan nomor urut tampil 2.


Bupati Banyumas Achmad Husein dalam pembukaan festival kentongan ini mengatakan bahwa "Dengan di adakan kembali festival kentongan ini semoga kentongan atau alat musik asli Banyumas maju dan semakin dikenal luas oleh masyarakat Banyumas pada khususnya dan masyarakat lain pada umumnya sebagai daya tarik tersendiri,”.

Sementara Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas Aziz Kusumandani mengungkapkan bahwa "Festival kentongan sekarang ini sebagai salah satu kegiatan memperingati hari jadi Banyumas ke-452. Tujuan pawai kentongan bukan hanya festival tapi untuk promosi wisata dan hiburan masyarakat yang sangat digemari masyarakat Banyumas,”

Sebagai upaya pelestarian dan promosi budaya maka Kecamatan Purwojati juga ikut mengirimkan satu grup kentongan, dengan membawakan 2 lagu tradisional salah satunya berjudul Sluku-Sluku Batok Kecamatan Purwojati mendapatkan tepuk tangan meriah dari penonton yang hadir. Acara berlangsung dengan tertib dan menyenangkan karena diisi berbagai macam variasi grup kentongan apalagi cuaca yang mendukung karena tidak hujan.

Vidio penampilan dari Kecamatan Purwojati dapat dilihat di link berikut : Kentongan Kecamatan Purwojati

 

 

 

 

 

 

Related Posts

Komentar