KOPD

 

 

KEMATANGAN ORGANISASI

OPD KECAMATAN PURWOJATI

 

1. MONITORING DAN PENGENDALIAN PELAKSANAAN TUGAS PERANGKAT DAERAH

NO KRITERIA  DOKUMEN/EFIDENCE
1 -  
2 Dokumen regulasi monitoring(waktu dan muatan),hasil monitoring(print-out realisasi fisik,keuangan dan kinerja)  
3 Dokumen capaian realisasi fisik kegiatan <-5% dengan dilengkapi dokumen tindak lanjut A
4 Dokumen hasil tindaklanjut monitoring(laporan kepada Pimpinan berupa telaah/laporan,dokumen paket kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan)  
5 Dokumen screen shot aplikasi,manual aplikasi  

 2.PENJAMIN MUTU LAYANAN PERANGKAT DAERAH

NO KRITERIA  DOKUMEN/EFIDENCE
1 Dokumen paraf pelaksanaan tugas/kegiatan,telaah staf,rapat teknis internal  
2 Dokumen paraf pelaksanaan tugas/kegiatan,telaah staf,rapat teknis internal  
3 Dokumen SPP dan/atau SOP dan/atau rapat teknis internal dan/atau hasil evaluasi dan/atau second opinion ahli  
4 Dokumen sistem penjaminan mutu(IOS/Sistem Manajemen Mutu(SMM)/Akreditasi, dan lain-lain)  
5 Dokumen secreen shot aplikasi  

 3.STANDAR OPRASIONAL PROSEDUR(SOP) PELAYANAN PERANGKAT DAERAH

NO KRITERIA  DOKUMEN/EFIDENCE
1 -  
2 Dokumen daftar SOP yang sudah ditetapkan;daftar SOP yang seharusnya ada  
3 Dokumen pemberitahuan adanya evaluasi SOP;rapat evaluasi SOP;Laporan hasil evaluasi(nota dinas atau buku laporan)   
4 Dokumen SOP yang direvisi;rekap SOP yang direvisi;kesesuaian hasil monev dengan dokumen revisi  
5 Dokumen pelaksanaan SOP,penyampaian informasi SOP,monev SOP(IT SOP),input pelanggan(internal)atas SOP(SOP online),secreen shot aplikasi SOP  

 

 4. PENDIDIKAN DAN PELATIHAN APARATUR

Berkaitan dengan pelaksanaan diklat,tanpa rencana kebutuhan,ada rencana kebutuhan parsial,rencana kebutuhan komprehensif,evaluasi regular rencana kebutuhan,dan evaluasi outcome sampai feedback.
NO KRITERIA  DOKUMEN/EFIDENCE
1 -  
2 Dokumen rencana kebutuhan diklat(daftar nama,jenis diklat),nota dinas diklat,surat tugas diklat,dan lain-lain  
3 Dokumen rencana kebutuhan diklat(daftar nama,jenis diklat),nota dinas diklat,surat tugas diklat,dan lain-lain untuk semua jabatan  
4 Dokumen monev diklat,tingkat capaian diklat  
5 Dokumen revisi rencana pengembangan diklat secara periodik(sesuai analisis kebutuhan diklat)  

  

5. ANALISIS KEBIJAKAN DAN PEMECAHAN MASALAH TUGAS PERANGKAT DAERAH
Berkaitan dengan analisis kebijakan dan pemecahan masalah,sederhana tidak terukur,ada tim internal,teknik/metode ilmiah oleh tim internal lintas instansi,tim ahli,dan konsultasi publik untuk  analisis umpan balik terukur
 
NO KRITERIA  DOKUMEN/EFIDENCE
1 Dokumen telaah staf dan/atau nota dinas dan/atau hasil ratek internal  
2 Dokumen SK Tim Khusus(internal OPD),kegiatan tim,hasil dan rekomendasi tim,laporan kajian  
3 Dokumen SK Tim Teknis(lintas OPD),kegiatan tim,hasil dan rekomendasi tim,laporan kajian  
4 Dokumen SK Tim Ahli(Narsum dan kerjasama),kegiatan tim,hasil dan rekomendasi tim,laporan kajian  
5 Dokumen SK Tim Ahli(Narsum dan Kerjasama),kegiatan tim,hasil dan rekom tim,laporan kajian menggunakan konsultasi publik dan analisis feedback(undangan,notulen,hasil,rekomendasi)  

 6.MANAJEMEN SUMBER DAYA YANG TERUKUR

Berkaitan dengan analisis kebutuhan penggunaan sumber(man,money,material),secara legal formal,ada analisis kebutuhan,terstandarpakai uji terbuka dan metode ilmiah,monitor input,SOP,penjaminan mutu,dan aplikasi teknologi informasi

NO KRITERIA  DOKUMEN/EFIDENCE
1 Dokumen aturan formal sumber daya(man,money,material)  
2 Dokumen analisis kebutuhan anggaran(perkada standarisasi harga),tenaga(Tusi,data pegawai),dan material/sarpras(daftar inventaris dan aset)  
3 Dokumen ASB,Anjab,ABK, dan material(analisis kebutuhan barang)  
4 Dokumen monev penyediaan sumber daya,SOP,penjaminan mutu(man,money,material)  
5 Dokumen secreen shot aplikasi,dan/atau manual aplikasi  

 

 7. MANAJEMEN RESIKO PELAKSANAAN TUGAS APARATUR

Berkaitan dengan manajemen risiko pelaksanaan tugas,tanpa manajemen risiko,ada terbatas  tugas individual,prosedur tugas berisiko tinggi,semua tugas tanpa evaluasi berkala,risiko dapat dikendalikan tanpa kerugian

NO KRITERIA  DOKUMEN/EFIDENCE
1 -  
2 Dokumen identifikasi dan analisis risiko individual(Rencana Tindak Pengendalian unit kerja di bawah OPD)  
3 Dokumen SK Satgas SPIP(kegiatan Satgas),Register Risiko tugas berisiko tinggi  
4 Dokumen Register Resiko seluruh kegiatan(komprehensif) sesuai tujuan sasaran Renstra  
5 Dokumen laporan penyelenggaraan SPIP,(laporan pengendaliaanOPD/Realisasi RTP),RTP telah di-update  

 8.PENGUKURAN KINERJA PERANGKAT DAERAH DAN APARATUR

Berkaitan dengan pengukuran kinerja perangkat daerah,tanpa target kinerja,target belum sesuai rencana,target konsisten rencana,target telah diukur kinerjanya,capaian target di atas 90%,dan pakai aplikasi teknologi informasi

NO KRITERIA  DOKUMEN/EFIDENCE
1 -  
2 Dokumen PK dan Renstra(belum konsisten)   
3 Dokumen PK dan Renstra(sudah konsisten)  
4 Dokumen LKJIP dan LHE SAKIP  
5 Dokumen LKJIP dan LHE SAKIP dengan capaian kinerja di atas 90%,secreen shot aplikasi e-sakip dan simpatik,manual aplikasi e-sakip dan simpatik  

 9.PENGEMBANGAN INOVASI PELAYANAN PERANGKAT DAERAH

Berkaitan dengan pengembangan inovasi pelayanan,tanpa rencana sitematis,ada adopsi/replikasi,rencana jenis mutu metode inovasi,invensi(temuan) lokal,program kajian inovasi terencana berkelanjutan 

NO KRITERIA  DOKUMEN/EFIDENCE
1 -  
2 Dokumen SK inovasi dan/atau proposal inovasi,secreen shot aplikasi inovasi,dan lain-lain  
3 Dokumen daftar adopsi/replikasi inovasi  
4 Dokumen daftar invensi(temuan) inovasi lokal  
5 Dokumen roadmap pengembangan inovasi,SK Tim Inovasi(kegiatan dan hasil)  

 

 10.BUDAYA ORGANISASI PERANGKAT PERANGKAT DAERAH

Berkaitan pembentukan budaya organisasi,tanpa budaya organisasi,dan slogan nilai organisasi,dokumen resmi nilai sikap perilaku,pproram internalisasi berkelanjutan,dan realisasi budaya organisasi hasil evaluasi rutin berkelanjutan

NO KRITERIA  DOKUMEN/EFIDENCE
1 -  
2 Dokumen slogan organisasi tertuang dalam bentuk media cetak dan non cetak  
3 Dokumen SK penetapan Nilai Budaya Organisasi dan/atau SK KBK(Kelompok Budaya Kerja) dan/atau SK GKM (Gugus Kendali Mutu) dan/atau SK Agent of Change,dan lain-lain  
4 Dokumen rencana (program) pengembangan budaya organisasi,kegiatan sosialisasi,saresehan,expo,bintek,lomba,dan lain-lain  
5 Dokumen monev budaya organisasi(kinerja KBK/GKM,Agent of Change),Lomba Budaya Kerja,pelaksanaan rekom dan tindak lanjut evaluasi