DONOR DARAH SUKARELA DI KECAMATAN PURWOJATI

DONOR DARAH SUKARELA DI KECAMATAN PURWOJATI

PURWOJATI – Bertempat di Aula Kecamatan Purwojati pada hari Rabu tanggal 4 Januari 2023 telah dilaksanakan kegiatan Donor Darah yang diselenggarakan oleh UDD PMI Banyumas. Masyarakat disekitar Kecamatan Purwojati begitu antusias untuk melakukan donor darah, kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 s.d 11.30 WIB dihadiri oleh 36 orang calon pendonor dan berhasil mengumpulkan 28 kantong darah dari pendonor yang memenuhi kriteria.

Donor darah merupakan salah satu hal yang bisa bermanfaat bagi banyak orang. Mendonorkan darah bisa dikatakan sebagai tindakan setetes darah sejuta kehidupan bagi semua.

Para peserta yang akan mengikuti kegiatan ini wajib untuk mengisi form pendaftaran telah disediakan dari pihak PMI sebelum masuk ke ruangan, setelah itu diperiksa kesehatannya baik itu berat badan, tinggi badan, kadar Hb, tekanan darah maupun cek kesehatan lainnya.

Bagi mereka yang sehat, mendonorkan darah sangat disarankan untuk dilakukan secara rutin. Pasalnya, donor darah ini tak hanya bermanfaat bagi penerima darah saja namun juga bagi pendonornya.

Manfaat dari donor darah ini tak hanya bagi kesehatan fisik saja namun juga bisa berdampak pada kesehatan emosional. Beberapa manfaat Ketika melakukan donor darah antara lain Menurunkan Stres, Meningkatkan kestabilan emosi, Membuat tubuh menjadi bugar, Menghilangkan perasaan negative, Menurunkan risiko serangan jantung.

 Salah satu peserta yang mengikuti donor darah Rio Danang terlihat cukup tegang walaupun sudah memenuhi persyaratan. “Saat donor darah itu sedikit tegang karena melihat suntik donor darah yang besar, tapi saat sudah di coba ternyata tidak terasa apa-apa, namun pada saat akan di cabut itu lumayan pegal. Semoga bisa melakukan donor darah secara rutin,” ujarnya.

Seiring meningkatnya kesadaran masyarakat tentang manfaat dan pentingnya kegiatan donor darah, diharapkan tidak ada lagi kekurangan kantong-kantong darah untuk kebutuhan manusia.  

  

 

 

 

 

 

 

Related Posts

Komentar