DAN KESADARANPUN MULAI TUMBUH.

Dilihat : 8904 Kali, Updated: 18 12 2014 08:41:23
DAN KESADARANPUN MULAI TUMBUH.

Bak datangnya air bah di zaman Nabi Nuh dahulu, dari sebuah bangunan tua yang sejak dahulu banyak orang mengenalnya sebagai Kantor Kecamatan Purwojati dan sekarang masih tetap sama, suara itu terus dikumandangkan dengan tiada henti : “air, air dan air”.

Awalnya memang terlihat sangat aneh ketika kita melihat ada seorang Camat yang bicaranya kayak seorang ulu-ulu di jaman kerajaan dahulu. E…ternyata Sekcamnya juga ikut-ikutan. Bahkan lama-kelamaan seluruh staf kecamatan nyambi menjadi ulu-ulu.

Tidak terkecuali di pertemuan-pertemuan RT, RW, selapanan Desa, rakor kecamatan atau bahkan hanya sekedar berbincang-bincang dengan tokoh masyarakat, pokoknya setiap ada kesempatan, mereka selalu menitipkan pesan moral bahwa “Purwojati sangat membutuhkan air”

Menghitung jumlah sungai, luas lahan, hasil panen dan lain sebagainya sekarang bukan lagi menjadi pekerjaan aneh. Pokoknya semua yang berhubungan dengan itu di data . Dan betapa besar kesalahan mereka yang tercengang melihat kenyataan yang ada. karena setelah dianalisa, untuk tahun 20114 ini saja ternyata kerugian yang harus ditanggung oleh para petani akibat kekurangan air hampir satara dengan 50% dari seluruh jumlah anggaran desa-desa per tahun se Kecamatan Purwojati versi UU 6/14. Mencengangkan sekali.

Ya, mencengangkan sekali. Memang.

Tapi disisi lain, tidak tercenganpun juga tidak salah, karena justru dari data-data itulah yang lalu membuat seluruh komponen masyarakat disana mulai sadar akan kebutuhannya. Itu yang pertama.

Yang lain, mereka lalu mulai berfikir tentang kira-kira tanaman apa yang bisa tumbuh dimusim yang sama sekali tidak ada air. Dan barangkali hal inilah yang harus segera dipecahkan karena di setiap tahun, terutama dibulan Juni s/d oktober (bulan tidak ada air) di Purwojati ada sekitar 600 Ha yang harus bera (tidak ditanami)

Sepertinya, belajar dari kegagalan itu masih menjadi hal yang baik.

Syukurlah.

(bersambung)

 

 
 

Related Posts

Komentar